Langsung ke konten utama

Rahasia sedekah

Sedekah terambil dari bahasa Arab  yaitu صدقة yang berarti segala sesuatu yang diberikan secara ikhlas dengan mengharap ridho Allah Swt tanpa niat dimuliakan (Majdi Shobir: 530: 2008). Pengertian tersebut mengisyaratkan bahwa jika kita memberikan sesuatu kepada orang lain tanpa harus mengharapkan imbalan untuk dipuji yang akhirnya jatuh pada riya. Adapun ayat al-Quran menyebutkan “….. Apa-apa yang kamu nafkahkan, maka Dia akan menggantinya (QS As-Saba/34:39). Melalui ayat-ayat ini penulis akan menguak rahasia sedekah.
                Terkadang kita berfikir apakah dengan bersedekah, seseorang akan menjadi miskin. Disini ada hadis rasulullah yang  mengatakan “Sedekah menambah rezeki”. Hadis tersebut akan memberikan dampak positif bagi  umat muslim  untuk gemar bersedekah. Namun rezeki disini jangan diartikan oleh makna tekstual yaitu banyak harta akan tetapi juga diberikan kesehatan untuk senantiasa beribadah kepada Allah. Karena rezeki kesehatan adalah rezeki yang paling mahal harganya.
                Peran sedekah ini harus dikampanyekan oleh umat muslim sebab dengan bersedekah maka tidak ada kemiskinan, dan angka kesehatan meningkat. Hal ini dipertegas oleh hadis nabi Muhammad Saw “ Dan sedekah itu tidak menambahkan harta melainkan memperbanyak harta, maka bersedekahkahlah maka senantiasa Allah akan mengasihi kalian”. Kemudian nabi bersabda “Sedekah itu menambah umur dan harta.” Dua hadis ini ada makna eksoteris dan esoteris. Makna eksoterisnya yaitu sedekah bisa mendatangkan rezeki tanpa arah yang diduga. Selain itu dengan sedekah kesehatan juga senantiasa bersama seseorang yang ahli sedekah. Maka bagi seseorang yang sakit hendaknya bersedekah agar kesembuhan akan datang padanya. Sedangkan makna esoterisnya yaitu Allah akan senantiasa akan memberikan solusi bagi permasalahan hidup manusia bagi seseorang yang senantiasa bersedekah.
                Namun disini apakah sedekah harus dengan cara bersembunyi atau terang-terangan. Hal tersebut tergantung niatnya. Niat bersedekah secara ikhlas atau ingin dipuji orang. Maka hal tersebut menjadi patokan jika niatnya ikhlas karena Allah ta’ala maka imbalan dari Allah akan cepat terasa. Hal tersebut disabdakan oleh nabi Muhammad “Sedekah itu mencegah dari sifat jelek(bangkai suudzon)”. Hadis tersebut menunjukan bahwa orang yang bersedekah peduli terhadap kondisi orang lain yang membutuhkan. Maka sifat kejelekan tersebut berupa kesombongan, keangkuhan, dan merasa paling benar akan hilang dengan bersedekah.
                Ada hadis yang menarik yang disabdakan nabi Muhammad, “Sedekah yang rahasia meredam murkanya Allah Azza Wa Jalla”. Disinilah derajat sedekah yang paling tinggi yaitu berderma tanpa sepengetahuan orang banyak. Karena derajat tersebut sama dengan shalat malam yaitu hanya Allah dan hamba-Nya yang mengetahui kualitas keikhlasan ibadahnya. Maka ada  istilah bahwa bersedekah dengan tangan kanan tanpa sepengetahuan tangan kiri.  Kandungan dari hadis tersebut tersirat makna bahwa orang yang bersedekah dengan ikhlas maka Allah meridhoi langkahnya.
                Kadang sebagian orang mengidentikan sedekah hanya bisa dengan uang saja. Akan tetapi sedekah juga bisa diwujudkan melalui barang-barang, pakaian, dan sesuatu yang bermanfaat. Hal tersebut termaktub di dalam al-Quran, “Kamu belum mendapat kebajikan, sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu sukai. Apa yang kamu nafkahkan, sesungguhnya Allah mengetahuinya (QS Ali Imran/3:93).  Ayat ini memberi pandangan bahwa bila bersedekah dengan sesuatu yang masih bisa digunakan atau dipakai. Sehingga mustahik yang menerima sedekah akan merasa senang dan dihargai. Hal ini mengingatkan pada cerita Habil, anak nabi Adam yang senantiasa menyedekahkan sesuatu yang paling bagus kepada seseorang yang membutuhkan.
                Melalui ayat-ayat dan hadis diatas menunjukkan bahwa sedekah dianjurkan bagi orang muslim. Karena di dalam harta kita ada hak orang lain. Namun sedekah harus tepat sasaran. Maksud dari tepat sasaran yaitu seseorang yang benar-benar fakir dan tak beradaya untuk bekerja lagi. Kadang di Jakarta pengemis dikoordinir oleh makelar-makelar pengemis. Sehingga jika ingin bersedekah dianjurkan untuk melihat kondisi mustahiknya. Ada baiknya bagi seseorang yang bersedekah untuk langsung datang ke tempat tinggal mustahiknya agar sedekah tersebut lebih baik manfaat yang menerimanya.

               

                
Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Surat Makkiyah dan Madaniyah

BAB I
PENDAHULUAN

I.1 Latar Belakang


Banyak ideologi di bumi ini yang terus berkembang demi melanjutkan dan mempertahankan kehidupan di muka bumi. Hal ini tidak terlepas dari kebutuhan empiris dan rasionalis untuk menjawab tantangan zaman yang terus berjalan. Dimensi ideologi yang kita kenal yaitu Komunisme, Liberalisme, Feodalisme, dan lain-lain. Semua ideologi tersebut sudah dijalankan di beberapa negara tetapi hampir semuanya berdampak negative bagi negara-negara yang menumbuhkan ideologi tersebut. Di dalam makalah ini penulis akan memperkenalkan civilizisme dalam islam untuk mencari kemaslahatan untuk umat muslim di dunia khususnya di Indonesia. Civilizisme dalam islam yang dimaksud yaitu hukum syari (premier things) yang bersumber dari al-Quran. Kenapa al-Quran disebut “Premier Things” untuk kaum muslim ? Karena semua solusi dari permasalahan hidup termaktub dalam kitab yang juga dikenal al-Furqan (pembeda) tersebut. Di dalam al-Quran terdapat dua terminology yaitu fase makkiyah…

Metode Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa

BAB I
PENDAHULUAN


I. Latar Belakang

            Metode pembelajaran merupakan suatu cara bagaimana seorang guru menjalankan suatu prosedur dan pelaksanaan pembelajaran. Metode tersebut ada karena sebuah signifikansi dari sebuah pembelajaran agar siswa dan guru dapat berinteraksi dengan baik. Pemilihan metode pembelajaran yang baik adalah metode yang menyesuaikan pada pelajaran yang akan disampaikan guru. Tujuan dari metode pembelajaran yakni cara mengarahkan guru dalam menyampaikan pelajaran secara baik agar dapat diterima oleh murid-murid secara jelas.
            Penulis disini akan menggunakan metode komunikatif dalam proses pembelajaran. Menurut penulis metode tersebut sangat cocok bagi pembelajaran bahasa. Dalam metode ini dituntut komunikasi dua arah bagi guru dan si murid (two-ways) . pada komunikasi itu sendiri mempunyai salah satu tujuan yang penulis anggap penting yakni behavior change (perubahan kebiasaan)[1]. Melalui behavior change, pemerolehan bahasa target akan cepat dite…

Seni Menurut Agama

Bab I
Pendahuluan


I.1. Latar Belakang

Sering kali beberapa tokoh beragama menganggap negatif terhadap seni. Sebenarnya seni menurut Islam dimubahkan selama seni tersebut membawa manfaat bagi manusia, memperindah hidup dan hiasannya yang dibenarkan agama, mengabadikan nilai-nilai luhur dan menyucikannya, serta mengembangkan serta memperhalus rasa keindahan dalam jiwa manusia (Quraish Syihab:1996:349). Oleh karena itu manusia harus menciptakan seni dengan tidak melanggar syariat atau ketentuan Allah. Ciptakanlah seni yang membuat orang merasa tertarik dan bisa mengapresiasikannya dengan baik. Melalui makalah ini penulis mencoba menghubungkan antara seni dan agama. Insya Allah dalam makalah ini akan terjawab apakah seni perlu difilterkan oleh agama? Atau  agama ada berdasarkan seni? Apakah seni tanpa agama akan menyimpang.
            Tanpa kita sadari bumi yang kita singgahi merupakan sebuah implementasi seni dari sang Pencipta agar kita merenungi betapa agungnya ciptaan Allah. Tidak ada se…