Langsung ke konten utama

Quantum Hidup Rasul

Ketenangan hidup, jiwa yang mempunyai kesabaran dan keteguhan hati dalam menjalani kompleksitas hidup. Berbagai masalah tentunya akan dihadapi manusia selama hayat di kandung badan. Masalah bukan untuk diabaikan, bahkan dicarikan solusinya agar masalah akan lebur menjadi sebuah harapan. Memang kadang kita jenuh dalam menghadapi sebuah masalah. Karena manusia tidak mau memiliki sebuah masalah yang besar. Akan tetapi kita lihat betapa masalah seringkali dihadapi panutan Dunia Muslim Nabiyuna Muhammad Saw. Bila berkaca demikian masalah kita teramat kecil dari masalah kanjeng Nabi. Cercaan dan percobaan pembunuhan terhadap diri beliau hadapi. Tapi apa yang beliau ungkapkan Inawlaha ma'ana. Sungguh ungkapan yang bermakna indah, sesungguhnya Allah akan membantu kita dalam setiap masalah kita.

Kesulitan hidup memang menjadi sebuah tantangan bagi manusia. Ketakutan menjadi miskin salah satu ujaran yang seringkali diungkapkan oleh ikhwah kita di dalam menapaki hidup. Ya, memang siapa yang mau jadi miskin dalam menjalani hidup. Karena kemiskinan kadang membawa manusia menjadi kufur nikmat dan sebuah pertanyaan yang irrasional : kenapa Tuhan tidak memberikan kepingan emas, karena saya sering bersujud kepadanNya ? Secara pragmatik ungkapan itu telah menunjukan kekecewan terhadap janji Tuhan. Ayyuhal ikhwan, dari historikal Kanjeng Nabi yang hidup sangat sederhana beliau sangat tidak menjadikan harta nomor satu di dalam hidupnya. Dimana Beliau pernah selama setiap hari berpuasa karena tidak mendapati satu makananpun di meja hidang rumahnya. Adapun ketika beliau berbuka ada seorang pengemis yang meminta makanan berbukanya, lantas apa yang dilakukan nabi. Iklash memberi makanan berbukanya kepada si pengemis tadi. 

Iklash, sebuah kata tektonik yang keluar dari hati. Kenapa demikian ? Kadang akal tidak mau menerima pesan ikhlas dari hati. Sebab ikhlas menjadi quantum diri bagi diri mukmin saja. Sejatinya kata abstraktif itu membutuhkan sebuah konduktif dari kata sabar. Karena apabila sabar dan ikhlas dijalani seorang manusia maka tujuan hidup akan semangkin terlihat di atas kertas. Menjalani kedua sifat tersebut sama seperti mendaki gunung uhud dan gunung fuji. Dimana ketika kita menjalankan pertama kali serasa berat dan panas tapi akan berakhir dengan kesejukan bagi makna hidup. 
Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Surat Makkiyah dan Madaniyah

BAB I
PENDAHULUAN

I.1 Latar Belakang


Banyak ideologi di bumi ini yang terus berkembang demi melanjutkan dan mempertahankan kehidupan di muka bumi. Hal ini tidak terlepas dari kebutuhan empiris dan rasionalis untuk menjawab tantangan zaman yang terus berjalan. Dimensi ideologi yang kita kenal yaitu Komunisme, Liberalisme, Feodalisme, dan lain-lain. Semua ideologi tersebut sudah dijalankan di beberapa negara tetapi hampir semuanya berdampak negative bagi negara-negara yang menumbuhkan ideologi tersebut. Di dalam makalah ini penulis akan memperkenalkan civilizisme dalam islam untuk mencari kemaslahatan untuk umat muslim di dunia khususnya di Indonesia. Civilizisme dalam islam yang dimaksud yaitu hukum syari (premier things) yang bersumber dari al-Quran. Kenapa al-Quran disebut “Premier Things” untuk kaum muslim ? Karena semua solusi dari permasalahan hidup termaktub dalam kitab yang juga dikenal al-Furqan (pembeda) tersebut. Di dalam al-Quran terdapat dua terminology yaitu fase makkiyah…

Metode Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa

BAB I
PENDAHULUAN


I. Latar Belakang

            Metode pembelajaran merupakan suatu cara bagaimana seorang guru menjalankan suatu prosedur dan pelaksanaan pembelajaran. Metode tersebut ada karena sebuah signifikansi dari sebuah pembelajaran agar siswa dan guru dapat berinteraksi dengan baik. Pemilihan metode pembelajaran yang baik adalah metode yang menyesuaikan pada pelajaran yang akan disampaikan guru. Tujuan dari metode pembelajaran yakni cara mengarahkan guru dalam menyampaikan pelajaran secara baik agar dapat diterima oleh murid-murid secara jelas.
            Penulis disini akan menggunakan metode komunikatif dalam proses pembelajaran. Menurut penulis metode tersebut sangat cocok bagi pembelajaran bahasa. Dalam metode ini dituntut komunikasi dua arah bagi guru dan si murid (two-ways) . pada komunikasi itu sendiri mempunyai salah satu tujuan yang penulis anggap penting yakni behavior change (perubahan kebiasaan)[1]. Melalui behavior change, pemerolehan bahasa target akan cepat dite…

Seni Menurut Agama

Bab I
Pendahuluan


I.1. Latar Belakang

Sering kali beberapa tokoh beragama menganggap negatif terhadap seni. Sebenarnya seni menurut Islam dimubahkan selama seni tersebut membawa manfaat bagi manusia, memperindah hidup dan hiasannya yang dibenarkan agama, mengabadikan nilai-nilai luhur dan menyucikannya, serta mengembangkan serta memperhalus rasa keindahan dalam jiwa manusia (Quraish Syihab:1996:349). Oleh karena itu manusia harus menciptakan seni dengan tidak melanggar syariat atau ketentuan Allah. Ciptakanlah seni yang membuat orang merasa tertarik dan bisa mengapresiasikannya dengan baik. Melalui makalah ini penulis mencoba menghubungkan antara seni dan agama. Insya Allah dalam makalah ini akan terjawab apakah seni perlu difilterkan oleh agama? Atau  agama ada berdasarkan seni? Apakah seni tanpa agama akan menyimpang.
            Tanpa kita sadari bumi yang kita singgahi merupakan sebuah implementasi seni dari sang Pencipta agar kita merenungi betapa agungnya ciptaan Allah. Tidak ada se…