Ramadhan tinggal hitungan hari


Bulan Ramadhan merupakan bulan terbaik bagi umat muslim di dunia ini. Banyak julukan yang disematkan pada bulan ini karena kandungannya seperti mutiara di laut lepas. Sahrul mubarak, syahrul qiyam, syahrul quran, dan syahrul tadrib. Betapa tidak bulan ini di agungkan oleh umat muslim pasalnya Allah menurunkan Al-Quran di bulan tersebut. Selain itu Allah menempatkan malam seribu bulan yang lebih dikenal dengan nama Lailatul qadar. Subhanawlah kata yang pantas kita ucapkan apabila bulan ini datang ke tengah masyarakat muslim. Kenapa demikian ? Karena rasul bersabda " Ramadhan adalah Bulan umatku". Makna dari hadis tersebut ialah Ramadhan merupakan bulan yang diturunkan segala ampunan dan rahmat oleh Allah SWt untuk umat muslim yang beriman.

Berbagi kepada kepada saudara muslim hukumnya wajib. Dengan berbagi dengan sesama kita telah memperhatikan saudara muslim tersebut. Dibulan Ramadhan, bagi seseorang  muslim yang mampu maka diwajibkan menunaikan zakat. Zakat merupakan medium untuk berbagi kepada muslim yang tidak mampu. zakat terbagi dua zakat fitrah dan zakat maal. Zakat fitrah biasanya disalurkan dengan beras yang layak untuk dikonsumsi. Sedangkan zakat maal yaitu zakat yang wajib dikeluarkan oleh umat muslim 2,5 penghasilan yang diterima. Adapun ketentuan untuk penghasilan petani bisa dilihat dari cara panennyai dari tempat menanamnya. Baik itu dengan cara biasa atau menggunakan air hujan.

Bulan ramadhan beberapa hari lagi meninggalkan kita. pertanyaan yang selalu ada di benak apa yang sudah diraih kita dalam menggapai ladang amal di bulan ramadhan. Sudahkah kita hatam quran, sudahkah kita berpuasa sesuai dengan ketentuan syariat, atau sudahkah kita berbagi kepada muslim lainnya. Maka hati kita yang mampu menjawabnya



Posting Komentar

0 Komentar