Langsung ke konten utama

Cinta tidak seinstan mie rebus


Proses percintaan tidak seinstan kita membuat mie rebus. Karena percintaan membutuhkan akal sehat dan hati yang sabar bila kita sedang mengalaminya. Adakah teori cinta yang tetap dari seorang pakar ? Teori cinta selalu bisa dikejawantahkan oleh semua manusia. Sebab kata itu bisa diterjemahkan bagi orang yang tau akan eksistensi dan estetisnya sebuah kata cinta itu. Awal dari sebuah kata itu merebak di dalam hati lewat sebuah indra penglihatan. Melalui penglihatan tersebut kita bisa lihat keindahan sosok yang kita kagumi. Entah pembicaraannya yang lembut atau sikapnya yang mengayomi orang lain dengan ketulusan empatinya.

Bila kita cermati, kadar cinta manusia kepada manusia yang berlainan jenis bagai oksigen yang meliputi ruang dan waktu. Bagaimana tidak setiap detik atau tempat yang disinggahi oleh seseorang yang lagi merasakan sebuah kata tersebut selalu teriang namanya. Seolah wajahnya selalu menari-nari diatas benaknya. Sehingga dirinya berharap angin membawa suaranya sampai ke hati. Agak, hiperbolik memang tulisan saya ini, tapi setidaknya ini adalah sebuah gambaran betapa kata berbunga ini bisa terbawa ke alam tidur.

Cinta adalah sunatullah. Bagi setiap mahluk dituntut harus menjalani cinta. Akan tetapi cinta seorang mahluk yang dinamakan manusia seungguhlah berbeda dari mahluk di bumi ini. Cinta yang berasio dan logis itu yang sesuai dengan mahluk yang notabene memiliki kecerdasan emosional tersebut. Cinta yang berasio yang penulis maksudnya adalah cinta yang sesuai dengan kadar atau kemampuannya untuk mengungkapkan secara ekspresif . sedangkan cinta yang logis adalh cinta yang mempunyai batasan terhadap kaidah-kaidah agama. faktor utamanya yaitu sungguh dilanrang apabila seorang manusia yang berlainan jenis bertemu bukan dalam keadaan mahramnya. Wawlahu A'lam.
Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Surat Makkiyah dan Madaniyah

BAB I
PENDAHULUAN

I.1 Latar Belakang


Banyak ideologi di bumi ini yang terus berkembang demi melanjutkan dan mempertahankan kehidupan di muka bumi. Hal ini tidak terlepas dari kebutuhan empiris dan rasionalis untuk menjawab tantangan zaman yang terus berjalan. Dimensi ideologi yang kita kenal yaitu Komunisme, Liberalisme, Feodalisme, dan lain-lain. Semua ideologi tersebut sudah dijalankan di beberapa negara tetapi hampir semuanya berdampak negative bagi negara-negara yang menumbuhkan ideologi tersebut. Di dalam makalah ini penulis akan memperkenalkan civilizisme dalam islam untuk mencari kemaslahatan untuk umat muslim di dunia khususnya di Indonesia. Civilizisme dalam islam yang dimaksud yaitu hukum syari (premier things) yang bersumber dari al-Quran. Kenapa al-Quran disebut “Premier Things” untuk kaum muslim ? Karena semua solusi dari permasalahan hidup termaktub dalam kitab yang juga dikenal al-Furqan (pembeda) tersebut. Di dalam al-Quran terdapat dua terminology yaitu fase makkiyah…

Metode Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa

BAB I
PENDAHULUAN


I. Latar Belakang

            Metode pembelajaran merupakan suatu cara bagaimana seorang guru menjalankan suatu prosedur dan pelaksanaan pembelajaran. Metode tersebut ada karena sebuah signifikansi dari sebuah pembelajaran agar siswa dan guru dapat berinteraksi dengan baik. Pemilihan metode pembelajaran yang baik adalah metode yang menyesuaikan pada pelajaran yang akan disampaikan guru. Tujuan dari metode pembelajaran yakni cara mengarahkan guru dalam menyampaikan pelajaran secara baik agar dapat diterima oleh murid-murid secara jelas.
            Penulis disini akan menggunakan metode komunikatif dalam proses pembelajaran. Menurut penulis metode tersebut sangat cocok bagi pembelajaran bahasa. Dalam metode ini dituntut komunikasi dua arah bagi guru dan si murid (two-ways) . pada komunikasi itu sendiri mempunyai salah satu tujuan yang penulis anggap penting yakni behavior change (perubahan kebiasaan)[1]. Melalui behavior change, pemerolehan bahasa target akan cepat dite…

Huda Linnas

I. Al-Quran Sebagai Petunjuk
            Al-Quran adalah sumber hukum pertama bagi umat islam dan sebagai kitab petunjuk (hudan) yang dapat menuntun umat manusia ke jalan yang benar. Ia adalah kitab kehidupan. Sebagaimana Allah telah berfirman :
 ذلك الكتاب لاريب * فيه * هدًى للمتّقين
Kitab (Al-Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa. (QS : Al-Baqarah :26)
 نزّل عليك الكتب بالحق مُصَدّقاً لمّا بين يديه و اَنزل التورـــة  و الاِنجيل Dia Menurunkan Kitab (Al-Quran) kepadamu (Muhammad) yang mengandung kebenaran, membenarkan (kitab-kitab sebelumnya) dan menurunkan Taurat dan Injil. (QS : Ali Imran :3) 
Melalui kedua ayat tersebut bisa kita ambil hikmah yang terkandung di dalam  Al-Quran diantaranya al-Quran merupakan sumber hukum yang bersifat valid dan reliable (terpercaya) karena Allah yang langsung memberikan statment untuk umatnya agar tidak menyimpang dari  apa-apa yang sudah ditetapkan. Banyak sesuatu tersingkap dari al-Quran diantaranya solusi masal…