Langsung ke konten utama

Pos

Menampilkan postingan dari Agustus, 2011

Jakarta Kota Majelis Taklim

Indonesia bukan negeri Islam, ungkapan itu memang benar karena kebinekaan itu terlihat dari 5 agama yang diakui di negara kepulauan tersebut. Tapi Jakarta kini disulap menjadi kota yang penuh dengan majelis taklim. Nurul Musthofa dan Majelis Rasulullah adalah dua dari majelis yang terkenal di Jakarta. Kedua Majelis tersebut diisi baik oleh remaja maupun orang tua. Antusiasme pemuda-pemudi mengikuti acara tersebut karena meriah dan banyak melantunkan shalawat mengharap syafaat nabi Muhammad SAW. Terlihat seperti karnaval memang setiap kedua majelis tersebut diadakan. Mulai dari Baliho yang dipampang di jalan raya hingga bendera warna-warni. Tak luput pedagang kaki lima yang menjual berbagai pernak-pernik simbolisasi umat muslim seperti peci, baju koko, syal, dan foto habaib.
Acara Majelis Nurul Musthofa dan Majelis Rasulullah biasanya dimulai dengan membaca riwayat nabi yang sering disingkat Rawi. Acara puncaknya yaitu ketika mahlul qiyam yaitu penghormatan kepada perjuangan nabi Muhamm…

Nazzaruddin pulang kampung

Rakyat lagi-lagi dibuat geleng kepala oleh pemerintahan sekarang ini. Pasalnya pemulangan Nazarrudin dari Bogota ke Indonesia dikultuskan sebagai manusia paling spesial. Dijemput dengan pesawat jet dengan fasilitas mewah yang memakan APBN hingga pemeriksaan yang bertubi-tubi dirinya oleh KPK. Apakah pemeriksaan itu membuahkan hasil ? Rakyat mengharapkan dari pemeriksaan KPK terhadap mantan berdahara partai Demokrat membuahkan hasil dengan ketahuan siapa-siapa yang menjadi tikus-tikus negara. Anehnya pejabat-pejabat teras di  partai  yang diduga lambangnya mirip simbol yahudi itu berkilah karena dituduh oleh Nazarrudin banyak menerima suap. Ada pepatah mengatakan bahwa banyak berkilah berarti dia menutupi aibnya. Kita tunggu saja jawabannya, Allah akan membuka aib buruk orang-orang yang selalu berbuat jahat.

Hikmah Buka Puasa Bersama

Bulan Ramdhan merupakan bulan yang penuh hikmah dan penuh makna totalitas bagi yang menjalankannnya. Pasalnya Bulan tersebut adalah bulan umat Nabi Muhammad SAW. Salah satu kegiatan populer di saat ramadhan adalah Buka Puasa Bersama (BUKBER). Bukber ini merupakan kegiatan yang penuh sarat silaturahmi bagi muslim dengan muslim lainnnya pada bulan puasa. Banyak makna terkandung di dalam bukber ini yaitu seorang muslim bisa saling berpeluh rindu dan sharing baik di dalam bukber bersama teman atau keluarga. Harmoni integritas sangat terasa ketika adzan berkumandang dimana ungkapan syukur kepada Allah  diucapkan setiap insan dengan mengucapkan Allahuma Laka sumtu wabika Amantu..... lalu diikuti dengan mengucapkan allahuma barik lana fima razaqtana wa qina azabannar. Lebih lanjut ketika mereka yang berbuka puasa terilhat kompak dalam satu keutuhan heterogenitas di saat menunaikan ibadah shalat magrib. Subhanawlah banyak hikmah dalam bukber.

Pendidikan Humanisme

Pendidikan merupakan salah satu alat untuk memperkaya khasanah diri seseorang untuk mendapatkan satu pengetahuan dan wawasan. Adapun kristalisasi  pendidikan harus dibangun melalui pendidikan informal. Karena pendidikan informal satu sarana bagi membentuk karakter diri seseorang tersebut. Pendidikan informal yang dimaksud adalah pendidikan yang diberikan orangtua kepada anaknya. Pada tingkat ini orang tua tidak boleh diskriminasi terhadap anaknya dengan menerapkan sistem behaviorisme yaitu bertumpu pada hasil. Karena dengan sistem demikian anak tidak mempunyai kebebasan untuk mencari jati diri yang diinginkannya. Pendidikan yang baik adalah pendidikan yang menerapkan sisitem humanisme yaitu memberikan kebebasan kepada si anak untuk mengembangkan potensinya tetapi dengan tetap diberlakukan pengawasan dari orang tuanya.Dengan demikian pendidikan humanisme bisa dikatakan pendidikan demokrasi. Maka itu orang tua perlu memperhatikan sejak dini potensi serta bakat di dalam diri si anak agar…