Langsung ke konten utama

Pos

Menampilkan pos dari Februari, 2011

Nasi Kuning Hallo Pagi

Pagi indah menyelimuti hari hingga suara gemericik perut menuntutku untuk mencari sarapan pagi. Wisata kuliner kini tidak terbendung lagi ku jalani. Dipojok sebelum universitas Borobudur tepatnya di jalan pemuda Rawamangun, aku menemukan penjual nasi kuning yang ramai yang dikunjungi para konsumen untuk menyantap sarapan pagi. Sehingga kunamakan "Nasi Kuning Hallo Pagi". Nasi kuning ini tergolong murah untuk kantong mahasiswa dan cukup untuk mengganjal perut untuk rasa lapar. Anda cukup mengeluarkan kocek 5000 rupiah maka gurihnya nasi kuning tersebut bisa disantap. Harga 5000 rupiah tersebut sudah bersama lauk pauk : Nasi Kuning  Telur dadar goreng Tempe Belado Bihun Goreng Tahu Belado  sambal Goreng  Cukup murah bukkkkkkkkkkkan ! Bila anda mau mencari sarapan murah dan kenyang datanglah ke tempat tersebut buka pukul 7:00 pagi - 8:00 biasanya suda habis. Penjual hanya menggunakan meja di lapak bebas, anda bisa makan di tempat atau bisa dibungkus.

"Bubarkan Ahmadiyah"

Jumat-18 Februari 2011 menjadi momentum berharga umat muslim untuk berdemonstrasi menuntut Pak Beye untuk membrantas Ahmadiyah. Pengagas utama dari aksi tersebut adalah FUI dan FPI yang tak lain kedua organisasi tersebut paling lantang menyuarakan "Bubarkan Ahmadiyah". Setelah sebelumnya suara yang dianggap makar oleh kalangan politisi  disampaikan oleh Habib Muhammad Rizieq Syihab. Semestinya Pak Beye tidak menutup telinga soal keresahan yang dialami umat muslim akibat agama yang mengakui ada nabi setelah nabi Muhammad tersebut. Karena "Bubarkan Ahmadiyah" merupakan harga mati bagi umat muslim. Yang menjadi pertanyaan adalah kenapa Pak Beye masih mempertahankan Ahmadiyah untuk tetap berkoloni di negeri ini. Adakah intervensi asing ? Sebaiknya KAU presiden, Buka Mata Buka Telinga dan Pahami dengan Hati.

Daya Reredikalisasi Mulai Ditularkan kepada Ulama Muslim

Daya reredikalisasi kini ingin disebarkan kepada ulama dan cendikia oleh kaum oksidentalis melalui pemerintahan yang dipimpin Pak Beye. Sebelum melangkah lebih jauh kita harus mengetahui apa arti reredikalisasi tersebut ? Reredikalisasi adalah Upaya atau proses yang memadamkan ranah nahi munkar (pencegahan terhadap suatu keburukan) untuk suatu kepentingan kelompok atau pribadi. Kalau mau diidentifikasi lebih lanjut reredikalisasi ini akan meredupkan daya kritis dan intelektual muslim dalam menyikapi kondisi bangsa yang carut marut. Para cendikiawan dan ulama muslim harus mempunyai dua hal tersebut agar bisa menaruh perhatian pada bangsa yang makin terpuruk dari hari ke hari. Bukan hanya itu daya dualogi tersebut juga dibutuhkan untuk memutuskan ijtihad ulama dalam menyikapi kegiatan yang bersifat agamis dan sosialis di bangsa yang dulunya dikenal mempunyai pemimpin yang tegas. Pemerintahan sangat takut apabila negara ini diambil oleh para cendikia muslim dan ulama, akibatnya keboborok…

FPI, Organisasi yang loyal terhadap Bangsa

Banyak pihak yang tidak tahu peran FPI (Front Pembela Islam) dalam rutinitasnya untuk meneggakkan panji-panji Islam. Mereka yang menuduh organisasi itu frontal dan radikal hanya menonton melalui siaran televisi yang banyak sekali terjadi penyimpangan berita terhadap fakta yang terjadi di lapangan.  Awalnya, Saya juga  sangat berfikiran negatif terhadap organisasi yang dianggap buruk oleh kaum liberalis tersebut. Akan tetapi setelah saya menemui Habib Muhammad Rizieq Syihab yang notabene ketua umum FPI, beliau sangat santun dan mempunyai daya intelektual yang tinggi dikalangan ulama sekarang. Tak cukup dari itu saya membeli buku yang berjudul "Dialog FPI Amar Ma'ruf Nahi Munkar" oleh Habib Rizieq Syihab dan mencoba menelaahnya secara ditail dan komperhensif. Setelah saya baca buku tersebut baru saya merasakan bahwa FPI adalah sebuah organisasi terdepan dalam membela umat islam di Indonesia. Bagaimana tidak buku tersebut memperlihatkan foto-foto laskar FPI yang banyak memb…

Pemberitaan tertutup zacca sachi

Lagi-lagi pemerintah melalui mentri kesehatannya Rahayu Endang Setianingsih bungkam masalah bakteri zacca sachi yang terdapat dalam susu balita.Hal ini membuat para orang tua resah dengan diamnya mentri yang dikabarkan menderita kanker tersebut. Kecewa sungguh kecewa rakyat dibuatnya karena bakteri tersebut bisa membahayakan tubuh balita. Institut Pertanian Bogor tak ayal ikut diam seribu bahasa akibat dari ketidak loyalan pemerintah di dalam mengumumkan merk dagang susu yang terkontaminasi bakteri tersebut. Padahal institute tersebut sudah meneliti dan mendapatkan merk dagang tersebut. Sungguh pemerintah sekarang mau merusak masa depan anak bangsa. Kini rakyat sudah apatis dengan pemerintah yang dianggap sebagian kalangan politis sudah tidak mampu melindungi rakyatnya.

Primordialis menurut agama

II.2 Hakikat Primordialisme
            Kata primordialisme diambil dari kata aslinya dalam bahasa Inggris ”primordial” yang berarti primitive atau primeval ( purba atau keterbelakangan)[1]. Selain itu kata tersebut diartikan manusia purba.[2] Secara etimologi Primordialisme berasal dari kata bahasa Latinprimus yang artinya pertama dan ordiri yang artinya tenunan atau ikatan. [3] Bisa kita artikan bahwasannya primodialisme yakni sebuah paham yang sangat mengedepankan ikatan  tradisi lama sebagai identitas diri seseorang atau kelompok untuk mempertahankan hidupnya. Bila kita kaitan dengan kondisi premanisme yang berada di lingkungan tempat tinggal saya maka telah terjadi sikap primordialis yang mengarah ke negative. Perlu kita ketahui bahwasannya terminologi ini muncul akibat pengaruh dari kemajemukan yang terjadi di sebuah tempat atau negara. [4]
vPengaruh positifnya adalah terdapat keanekaragaman budaya yang
terjalin serasi dan harmonis sehingga terwujud integrasi bangsa.
vPengaruh ne…

Analisis Kontrastif Part 2

II. 1. Hakikat Analisis Kontrastif

            Kita telah mengetahui bahwasaanya mempelajari bahasa target perlu adanya kebiasaan dari seorang pelajar. Hal tersebut seiring dengan banyaknya yang sering menyamakan antara bahasa target dan bahasa sumber. Maka dari itu perlu adanya analisis kontrastif untuk memperbandingkan antara bahasa target dan bahasa sumber. Pemakalah akan menyajikan makna analisis kontrastif dari beberapa sumber :
Pendapat Lado, Fries, d.k.k (Sri Utari :2: 1994)
Lado (1957) dan Fries (1945) mengatakan secara terpisah, yang intinya ialah bahwa para pengajar dapat meramalkan kesalahan yang dibuat oleh seorang pelajar, mereka harus mengadakan suatu analisis kontrastif antara bahasa yang dipelajari dan bahasa digunakan sehari-hari.
Pendapat Henri Guntur Tarigan (Henri : 5:2009)
Analisis kontrastif adalah perbandingan struktur antara dua bahasa, B1 dan B2, yang akan dipelajari oleh para siswa menghasilkan indentifikasi perbedaan kedua bahasa tersebut. Perbedaan…

Pak Beye harus belajar dari dosa-dosa Husni Mubarak

Kedua mata dunia  kini tertuju ke Tahrir Square dimana tawuran terjadi antara massa pro dan kontra Husni Mubarak. Massa anti Husni mubarak lebih banyak ketimbang massa pro presiden yang telah memimpin Mesir selama 3 dekade tersebut. Mereka sudah bosan dengan distorsi fakta dari Mubarak hingga melakukan pergerakan secara seporadis pada tanggal 23 Januari hingga sekarang. Pemerintahan KKN dan politik pencitraan slah satu pemicu geramnya rakyat Mesir. Kata "Hengkang Husni Mubarak" adalah harga mati untuk rakyat yang telah tertindas selama 30 tahun tersebut. Kalau mau dikomparatifkan kepemimpinan Pak Beye sama dengan Husni Mubarak karena kesamaannya adalah pemerintah zalim dengan KKN dan politik pencitraan seorang pemimpin. Seharusnya Pak Beye bersama jajaran pembantunya belajar dari pengalaman revolusi Mesir dengan memperbaiki kinerja pemerintahan dan menanggalkan janji2 palsu. Pak Beye harus belajar dari dosa-dosa Husni Mubarak.