Langsung ke konten utama

Betawi Punye Cerite

Betawi, betah di wilayah, merupakan gelar yang selalu melekat pada orang asli jakarta. Saya pernah bertanya pada salah satu Alm. Haji Husein (tetangga saya) tentang asal muasal gelar tersebut. "Dulu ntu orang betawi kenapa orang betawi selalu digelarin betah diwilayah karena die kagak mau ngerantau, sebabnye banyak dari orang-orang kite punye tanah lebar-lebar, terus ngarep duit dari jualan tanah ntu tong", katenye. Saya pun mulai ngedehem dan hati geli tertawa sendiri. Lanjutnya saya tanya, ada nggak orang betawi yang udah agak modern? Ada tong, betawi yang modern ntu biasanye die nyekolahin anaknye tinggi-tinggi, emang masih jarang, carenye die nyekolahin anaknye die jual tanahnye sebagian lalu nyang sebagian lagi die bangun buat dijadiin kontrakan", tandas si babe yang punya banyak kenangan dengan masa silamnya. Kala itu saya bersamanya (Alm Haji Husein) di Mushola sebelum magrib tiba. Kemudian saya bertanya lagi pada si babe, pak haji kenape orang betawi yang jadi jawara? Gini tong, die ntu jadi jawara bukannye untuk pamer kayak jaman sekarang, die ntu jadi jawara awalnye die belajar silat terus gak lupa dia belajar ngaji buat ngimbanginnye, jadi die gak asal nebas leher orang aje, palingan klo ada orang yang ngeremehin atau agama islam, goloknye die keluarin. Saat itu saya sangat bersukur karena dapat menelusuri cerita orang betawi dulu. Saya pun menimpali dengen pertanyaan lagi, pak haji ada gak jenis silat yang terkenla? "Ada namenye jingkrik, ntu model silat alus yang pake lompat segale, ngape  lu nanya mulu tong ? Hahaha gak pak haji saya mau tau aja tentang betawi. 

Modernisasi telah mengubah Jakarta yang tadinya hutan menjadi gedung bertingkat. Cerita-cerita yang telah dilontarkan babe tad,i akankah mengubah nasib anak betawi di Jakarta. Dulunya orang betawi dianggap primitif oleh beberapa orang. Akan tetapi Ridwan Saidi (tokoh betawi) tidak terima pendapat tersebut. Kata beliau orang betawi dulu taat apa kata orang tua dan terus mencari kepercayaan sebelum islam itu datang. Saking taatnya, apabila orang tua bilang jangan sekolah tingi-tinggi maka si anak mengiakannya. Kini putra daerah mengepung Jakarta, kesempatan orang jakarta memimpin jakarta semangkin sempit walau kemungkinan kecil itu ada. Buktinya gubernur jakarta sekarang bukanlah seorang betawi asli. Melalui tulisan ini saya ingin menggugah orang-orang betawi untuk berpola pikir maju tapi jangan meninggalkan nilai-nilai religius. 

Banyak tokoh betawi yang terkenal sampai ke telinga negara asing. KH. Abdullah Syafii merupakan tokoh agama yang ilmunya diakui oleh timur tengah. Sikap santun dan semangat dalam membela agama salah satu yang dikenal khalayak ramai. Ahli agama yang juga tak kalah pentingnya KH. Syafii Hadzami, beliau dikenal sebagai pakar nahwu(gramatika bahasa Arab) di Jakarta.. KH. Syafii Hadzami, beliau menimba ilmu langsung kepada Habib Ali bin Abdurahman al-Habsy( Habib Ali Kwitang), bahasa arab dan Ilmu agamanya sangat mumpuni padahal beliau tidak pernah menimba ilmu di timur tengah.  Memang kebanyakan dari oarang-orang betawi taat pada agama sehingga melahirkan tokoh-tokoh agama yang berkualitas. Tapi kini kita sebagai orang betawi bukan hanya intelektual dalam masalah agama yang ditinggikan tertapi juga bidang-bidang lain untuk memajukan negeri ini. Untuk itu orang betawi perlu memahami dunia tekhnologi, ekonomi, politik, dan sebagainya biar tidak diremehkan oeang lain.
Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Surat Makkiyah dan Madaniyah

BAB I
PENDAHULUAN

I.1 Latar Belakang


Banyak ideologi di bumi ini yang terus berkembang demi melanjutkan dan mempertahankan kehidupan di muka bumi. Hal ini tidak terlepas dari kebutuhan empiris dan rasionalis untuk menjawab tantangan zaman yang terus berjalan. Dimensi ideologi yang kita kenal yaitu Komunisme, Liberalisme, Feodalisme, dan lain-lain. Semua ideologi tersebut sudah dijalankan di beberapa negara tetapi hampir semuanya berdampak negative bagi negara-negara yang menumbuhkan ideologi tersebut. Di dalam makalah ini penulis akan memperkenalkan civilizisme dalam islam untuk mencari kemaslahatan untuk umat muslim di dunia khususnya di Indonesia. Civilizisme dalam islam yang dimaksud yaitu hukum syari (premier things) yang bersumber dari al-Quran. Kenapa al-Quran disebut “Premier Things” untuk kaum muslim ? Karena semua solusi dari permasalahan hidup termaktub dalam kitab yang juga dikenal al-Furqan (pembeda) tersebut. Di dalam al-Quran terdapat dua terminology yaitu fase makkiyah…

Metode Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa

BAB I
PENDAHULUAN


I. Latar Belakang

            Metode pembelajaran merupakan suatu cara bagaimana seorang guru menjalankan suatu prosedur dan pelaksanaan pembelajaran. Metode tersebut ada karena sebuah signifikansi dari sebuah pembelajaran agar siswa dan guru dapat berinteraksi dengan baik. Pemilihan metode pembelajaran yang baik adalah metode yang menyesuaikan pada pelajaran yang akan disampaikan guru. Tujuan dari metode pembelajaran yakni cara mengarahkan guru dalam menyampaikan pelajaran secara baik agar dapat diterima oleh murid-murid secara jelas.
            Penulis disini akan menggunakan metode komunikatif dalam proses pembelajaran. Menurut penulis metode tersebut sangat cocok bagi pembelajaran bahasa. Dalam metode ini dituntut komunikasi dua arah bagi guru dan si murid (two-ways) . pada komunikasi itu sendiri mempunyai salah satu tujuan yang penulis anggap penting yakni behavior change (perubahan kebiasaan)[1]. Melalui behavior change, pemerolehan bahasa target akan cepat dite…

Seni Menurut Agama

Bab I
Pendahuluan


I.1. Latar Belakang

Sering kali beberapa tokoh beragama menganggap negatif terhadap seni. Sebenarnya seni menurut Islam dimubahkan selama seni tersebut membawa manfaat bagi manusia, memperindah hidup dan hiasannya yang dibenarkan agama, mengabadikan nilai-nilai luhur dan menyucikannya, serta mengembangkan serta memperhalus rasa keindahan dalam jiwa manusia (Quraish Syihab:1996:349). Oleh karena itu manusia harus menciptakan seni dengan tidak melanggar syariat atau ketentuan Allah. Ciptakanlah seni yang membuat orang merasa tertarik dan bisa mengapresiasikannya dengan baik. Melalui makalah ini penulis mencoba menghubungkan antara seni dan agama. Insya Allah dalam makalah ini akan terjawab apakah seni perlu difilterkan oleh agama? Atau  agama ada berdasarkan seni? Apakah seni tanpa agama akan menyimpang.
            Tanpa kita sadari bumi yang kita singgahi merupakan sebuah implementasi seni dari sang Pencipta agar kita merenungi betapa agungnya ciptaan Allah. Tidak ada se…