Betawi Punye Cerite

Betawi, betah di wilayah, merupakan gelar yang selalu melekat pada orang asli jakarta. Saya pernah bertanya pada salah satu Alm. Haji Husein (tetangga saya) tentang asal muasal gelar tersebut. "Dulu ntu orang betawi kenapa orang betawi selalu digelarin betah diwilayah karena die kagak mau ngerantau, sebabnye banyak dari orang-orang kite punye tanah lebar-lebar, terus ngarep duit dari jualan tanah ntu tong", katenye. Saya pun mulai ngedehem dan hati geli tertawa sendiri. Lanjutnya saya tanya, ada nggak orang betawi yang udah agak modern? Ada tong, betawi yang modern ntu biasanye die nyekolahin anaknye tinggi-tinggi, emang masih jarang, carenye die nyekolahin anaknye die jual tanahnye sebagian lalu nyang sebagian lagi die bangun buat dijadiin kontrakan", tandas si babe yang punya banyak kenangan dengan masa silamnya. Kala itu saya bersamanya (Alm Haji Husein) di Mushola Nurul Hikmah, Tebet sebelum magrib tiba. Kemudian saya bertanya lagi pada si babe, pak haji kenape orang betawi yang jadi jawara? Gini tong, die ntu jadi jawara bukannye untuk pamer kayak jaman sekarang, die ntu jadi jawara awalnye die belajar silat terus gak lupa dia belajar ngaji buat ngimbanginnye, jadi die gak asal nebas leher orang aje, palingan klo ada orang yang ngeremehin atau agama islam, goloknye die keluarin. Saat itu saya sangat bersukur karena dapat menelusuri cerita orang betawi dulu. Saya pun menimpali dengen pertanyaan lagi, pak haji ada gak jenis silat yang terkenla? "Ada namenye jingkrik, ntu model silat alus yang pake lompat segale, ngape  lu nanya mulu tong ? Hahaha gak pak haji saya mau tau aja tentang betawi. 

Modernisasi telah mengubah Jakarta yang tadinya hutan menjadi gedung bertingkat. Cerita-cerita yang telah dilontarkan babe tadi akankah mengubah nasib anak Betawi di Jakarta. Dulunya orang Betawi dianggap primitif oleh beberapa orang. Akan tetapi Ridwan Saidi (tokoh betawi) tidak terima pendapat tersebut. Kata beliau orang betawi dulu taat apa kata orang tua dan terus mencari kepercayaan sebelum Islam itu datang. Saking taatnya, apabila orang tua bilang jangan sekolah tingi-tinggi maka si anak mengiakannya. Kini pendatang mengepung Jakarta, kesempatan orang Betawi memimpin jakarta semangkin sempit walau kemungkinan kecil itu ada. Buktinya gubernur Jakarta sekarang bukanlah seorang betawi asli. Melalui tulisan ini saya ingin menggugah orang-orang Btawi untuk berpola pikir maju tapi jangan meninggalkan nilai-nilai religius. 

Banyak tokoh betawi yang terkenal sampai ke telinga negara asing. KH. Abdullah Syafii merupakan tokoh agama yang ilmunya diakui oleh timur tengah. Sikap santun dan semangat dalam membela agama salah satu yang dikenal khalayak ramai. Ahli agama yang juga tak kalah pentingnya KH. Syafii Hadzami, beliau dikenal sebagai fakih (ahli fikih) di Jakarta. KH. Syafii Hadzami, beliau menimba ilmu langsung kepada Habib Ali bin Abdurahman al-Habsy( Habib Ali Kwitang), Habib Ali bin Husein Alatas (Habib Ali Bungur). Bahasa Arabnya dan Ilmu agamanya sangat mumpuni padahal beliau tidak pernah menimba ilmu di timur tengah. 

Memang kebanyakan dari orang-orang betawi taat pada agama sehingga melahirkan tokoh-tokoh agama yang berkualitas. Tapi kini kita sebagai orang betawi bukan hanya intelektual dalam masalah agama yang ditinggikan tertapi juga bidang-bidang lain untuk memajukan negeri ini. Untuk itu orang betawi perlu memahami dunia tekhnologi, ekonomi, politik, dan sebagainya biar tidak diremehkan suku dan etnis lain.



Posting Komentar

0 Komentar