PPL sebuah konstruk pengenalan dunia kerja nyata


Pendidikan berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Selain itu, pendidikan bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pendidikan yang bermutu dapat terwujud dengan dukungan sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki kompeten di bidangnya. Dalam hal ini, tenaga pendidik memiliki peran yang sangat penting untuk mengembangkan pendidikan yang bermutu. Untuk terus meningkatkan kualitas dan kompetensi tenaga pendidik diperlukan usaha meningkatkan mutu lulusan kependidikan. Untuk meningkatkan mutu lulusan kependidikan tersebut diperlukan suatu program yang memberi pengembangan berupa latihan professional bagi mahasiswa calon tenaga pendidik yang dinamakan Program Pengalaman Lapangan (PPL).
            Praktek Pengalaman Lapangan adalah salah satu kegiatan kurikuler yang dilakukan oleh mahasiswa yang mencakup baik latihan mengajar rnaupun tugas kependidikan di luar mengajar secara terbimbing dan terpadu untuk memenuhi persyaratan pembentukan profesi kependidikan. Diharapkan mahasiswa calon tenaga pendidik yang telah mengikuti kegiatan PPL memiliki wawasan yang luas tentang kompetensi dalam melaksanakan proses belajar mengajar khususnya bidang studi ekonomi dan tugas-tugas kependidikan lainnya disekolah, serta mengatasi masalah-masalah nyata yang ditemukan di lapangan sebagai persiapan untuk dapat melaksanakan tugas sebagai tenaga pendidik.
            Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dirancang sebagai suatu program yang dapat membantu mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik untuk mengenal kelembagaan dan kinerja guru khususnya di Sekolah Menengah Atas (SMA). Universitas Negeri Jakarta sebagai salah satu universitas yang melahirkan lulusan tenaga pendidik (guru) menyediakan kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) bagi para mahasiswanya. Program PPL ini diharapkan dapat membawa Universitas Negeri Jakarta (PPL)  pada peningkatan kualitas sumber daya manusia lulusannya, khususnya Program Studi Kependidikan yang merupakan calon-calon guru di masa yang akan datang. Dengan demikian hasil PPL diharapkan akan meningkat dari tahun ke tahun, sebab PPL melibatkan sekolah-sekolah tempat latihan yang nyata. Sehingga hasil PPL akan mencerminkan kualitas yang sebenarnya.



Posting Komentar

0 Komentar