Langsung ke konten utama

PPL sebuah konstruk pengenalan dunia kerja nyata


Pendidikan berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Selain itu, pendidikan bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pendidikan yang bermutu dapat terwujud dengan dukungan sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki kompeten di bidangnya. Dalam hal ini, tenaga pendidik memiliki peran yang sangat penting untuk mengembangkan pendidikan yang bermutu. Untuk terus meningkatkan kualitas dan kompetensi tenaga pendidik diperlukan usaha meningkatkan mutu lulusan kependidikan. Untuk meningkatkan mutu lulusan kependidikan tersebut diperlukan suatu program yang memberi pengembangan berupa latihan professional bagi mahasiswa calon tenaga pendidik yang dinamakan Program Pengalaman Lapangan (PPL).
            Praktek Pengalaman Lapangan adalah salah satu kegiatan kurikuler yang dilakukan oleh mahasiswa yang mencakup baik latihan mengajar rnaupun tugas kependidikan di luar mengajar secara terbimbing dan terpadu untuk memenuhi persyaratan pembentukan profesi kependidikan. Diharapkan mahasiswa calon tenaga pendidik yang telah mengikuti kegiatan PPL memiliki wawasan yang luas tentang kompetensi dalam melaksanakan proses belajar mengajar khususnya bidang studi ekonomi dan tugas-tugas kependidikan lainnya disekolah, serta mengatasi masalah-masalah nyata yang ditemukan di lapangan sebagai persiapan untuk dapat melaksanakan tugas sebagai tenaga pendidik.
            Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dirancang sebagai suatu program yang dapat membantu mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik untuk mengenal kelembagaan dan kinerja guru khususnya di Sekolah Menengah Atas (SMA). Universitas Negeri Jakarta sebagai salah satu universitas yang melahirkan lulusan tenaga pendidik (guru) menyediakan kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) bagi para mahasiswanya. Program PPL ini diharapkan dapat membawa Universitas Negeri Jakarta (PPL)  pada peningkatan kualitas sumber daya manusia lulusannya, khususnya Program Studi Kependidikan yang merupakan calon-calon guru di masa yang akan datang. Dengan demikian hasil PPL diharapkan akan meningkat dari tahun ke tahun, sebab PPL melibatkan sekolah-sekolah tempat latihan yang nyata. Sehingga hasil PPL akan mencerminkan kualitas yang sebenarnya.
Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Surat Makkiyah dan Madaniyah

BAB I
PENDAHULUAN

I.1 Latar Belakang


Banyak ideologi di bumi ini yang terus berkembang demi melanjutkan dan mempertahankan kehidupan di muka bumi. Hal ini tidak terlepas dari kebutuhan empiris dan rasionalis untuk menjawab tantangan zaman yang terus berjalan. Dimensi ideologi yang kita kenal yaitu Komunisme, Liberalisme, Feodalisme, dan lain-lain. Semua ideologi tersebut sudah dijalankan di beberapa negara tetapi hampir semuanya berdampak negative bagi negara-negara yang menumbuhkan ideologi tersebut. Di dalam makalah ini penulis akan memperkenalkan civilizisme dalam islam untuk mencari kemaslahatan untuk umat muslim di dunia khususnya di Indonesia. Civilizisme dalam islam yang dimaksud yaitu hukum syari (premier things) yang bersumber dari al-Quran. Kenapa al-Quran disebut “Premier Things” untuk kaum muslim ? Karena semua solusi dari permasalahan hidup termaktub dalam kitab yang juga dikenal al-Furqan (pembeda) tersebut. Di dalam al-Quran terdapat dua terminology yaitu fase makkiyah…

Metode Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa

BAB I
PENDAHULUAN


I. Latar Belakang

            Metode pembelajaran merupakan suatu cara bagaimana seorang guru menjalankan suatu prosedur dan pelaksanaan pembelajaran. Metode tersebut ada karena sebuah signifikansi dari sebuah pembelajaran agar siswa dan guru dapat berinteraksi dengan baik. Pemilihan metode pembelajaran yang baik adalah metode yang menyesuaikan pada pelajaran yang akan disampaikan guru. Tujuan dari metode pembelajaran yakni cara mengarahkan guru dalam menyampaikan pelajaran secara baik agar dapat diterima oleh murid-murid secara jelas.
            Penulis disini akan menggunakan metode komunikatif dalam proses pembelajaran. Menurut penulis metode tersebut sangat cocok bagi pembelajaran bahasa. Dalam metode ini dituntut komunikasi dua arah bagi guru dan si murid (two-ways) . pada komunikasi itu sendiri mempunyai salah satu tujuan yang penulis anggap penting yakni behavior change (perubahan kebiasaan)[1]. Melalui behavior change, pemerolehan bahasa target akan cepat dite…

Seni Menurut Agama

Bab I
Pendahuluan


I.1. Latar Belakang

Sering kali beberapa tokoh beragama menganggap negatif terhadap seni. Sebenarnya seni menurut Islam dimubahkan selama seni tersebut membawa manfaat bagi manusia, memperindah hidup dan hiasannya yang dibenarkan agama, mengabadikan nilai-nilai luhur dan menyucikannya, serta mengembangkan serta memperhalus rasa keindahan dalam jiwa manusia (Quraish Syihab:1996:349). Oleh karena itu manusia harus menciptakan seni dengan tidak melanggar syariat atau ketentuan Allah. Ciptakanlah seni yang membuat orang merasa tertarik dan bisa mengapresiasikannya dengan baik. Melalui makalah ini penulis mencoba menghubungkan antara seni dan agama. Insya Allah dalam makalah ini akan terjawab apakah seni perlu difilterkan oleh agama? Atau  agama ada berdasarkan seni? Apakah seni tanpa agama akan menyimpang.
            Tanpa kita sadari bumi yang kita singgahi merupakan sebuah implementasi seni dari sang Pencipta agar kita merenungi betapa agungnya ciptaan Allah. Tidak ada se…