Jakarta bukan Ibukota Ideal lagi

2 hari silam warga Betawi asli merayakan ultah ibukota Jakarta. Kota yang menjadi hajat orang banyak ini sudah penuh sesak dan tidak layak lagi menjadi ibukota ideal. Pasalnya kota yang menjadi pusat kolonial Belanda dahulu kini kumuh dan jorok. Kenapa saya katakan demiian ? Karena tata ruang kota semrawut dan tidak ada pengaturan penduduk secara pasti oleh pemda DKI Jakarta serta sanitasi yang buruk.
Mereka yang hijrah ke Ibukota beranggapan bahwa Jakarta merupakan kota sejuta impian dan harapan. Nyatanya nol besar. Semuanya hanya mimpi belaka. Mereka yang hijrah ke jakarta hanya mengandalkan nekat bukan dengan capability yang mumpuni. Wal hasil mereka pengangguran dan kerja serabutan. 
Seharusnya ibukota negara dipindah ke kota yang masih sedikit penduduknya dan mempunyai potensi untuk maju dan bersaing dengan Jakarta. Hal ini gubernur ibukota dan Pak SBy harus mendiskusikan hal ini agar Indonesia mempunyai Ibukota yang ideal dengan tata ruang kota yang baik dan mempunyai sanitasi yang teratur.



Posting Komentar

0 Komentar