Tips Puasa

Entah kenapa puasa pertama semua orang menjadi serba risau menunggu beduk Magrib ? Dari pertanyaan itu saya ingin memberi tips dan meninjaunya agar puasa menjadi nikmat .

1. Kurangnya Kebiasaan Puasa Sunnah 

Ada baiknya bagi setiap muslim untuk membiasakan puasa sunnah agar perut tidak kaget ketika menghadapi puasa ramadhan. Kenapa demikian ? Karena puasa sudnah merupakan tadrib(ajang latihan) untuk membiasakan lambung tidak bekerja secara terus menerus layaknya sebuah mesin giling. 

2. Kerjakanlah sesuai pada proporsinya

Pada bulan puasa kita terasa berat untuk menjalankan sesuatu aktivitas karena asam lambung meningkat dan tubuhpun merasa lemas. Hal yang harus dilakukan yaitu kerjakanlah apa yang menjadi tanggung jawab kita secara perlahan-lahan, dan usahakan jika anda capek maka berhenti beberapa menit. lalu untuk melupakan perut lapar itu dengan terus berzikir menyebutt nama Allah.

3. Tidur yang cukup

Agar tidak mengantuk pada pagi hari maka diperlukan waktu tidur yang cukup, usahakan bila sehabis terawih anda tidur nyenyak sampe datangnya sahur.

4. Membaca Buku yang bermanfaat

Tips yang ke-4 ini yakni menjadi pilihan yaitu dengan membaca buku yang kita sukai untuk melupakan kekosongan perut pada puasa yang kita tunaikan.

5.  Meminum madu atau Vitamin

Tips yang terakhir ini merupakan untuk menjaga kebugaran badan saat puasa dengan meminum madu plus vitamin ketika sesudah menyantap sahur. Pilihlah vitamin C dan madu kental, karena keduanya membantu dan menopang asam lambung pada saat puasa. Lalu berbuka puasa memakan dan meminum sesuatu yang mengandung unsur manis seperti kurma dan teh manis hangat.



Posting Komentar

0 Komentar