Langsung ke konten utama

REVOLUSI PENEMUAN BERHARGA UMAT ISLAM.

Sebuah penemuan sebenarnya bukan dimulai oleh negara-negara Eropa melainkan dari negara timur tengah yang notabene penganut Islam. Kenapa penulis mengatakan hal demikian? Karena banyak peciptaan berharga mulai dari kimia hingga papan catur baik berasal dari Timur tengah maupun dari kawasan bulan sabit subur. Untuk itu dalam pembahasan kali ini adalah REVOLUSI PENEMUAN BERHARGA UMAT ISLAM.

1. Revolusi Pertanian

Revolusi pertaniaan yang terkenal berasal dari Irak dimana pada abad k-13, para petani di Irak memperkenalkan suatu sistem Ekstensifikasi, Intensifikasi, dan Divertifikasi untuk mengelola lahan pertanian yang mereka miliki agar hasil tanaman baik dan dapat dinikmati konsumen. Selain itu pada abad 14 mulai diperkenalkan sistem irigasi kuno yang terkenal berupa terowongan air atau qanat dari Iran adalah satu kesuksesan Irigasi mereka. Lalu pada abad k-14 juga dikenal juga sistem Mekanisasi untuk mengelola lahan yang diperlihatkan oleh negara Hama dan Syiria.

2. Cendekiawan Multidisiplin Ilmu

Dialah Yakub bin Ishak, beliau sesepuh dunia penerjemahan. Selain beliau adalah seorang pemimpin para penerjemah dimasanya, beliau juga sebagai peneliti bidang metalurgi dan pembuatan pedang. Beliau juga pengagas teori relativitas yang masih coba dipecahkan oleh para ahli fisika modern sekitar seribu tahun setelahnya. "Waktu hanya muncul ketika ada gerakan." ujar al-Kindi, "Benda dengan gerakan, gerakan dengan benda...... Jika ada gerakan maka pasti ada benda; jika ada benda maka pasti ada ada gerakan

3. Pelopor Penerbangan
Ibnu Firnas konon salah satu pelopor penerbangan. Beberapa sumber mengatakan dia terinspirasi saat melihat pemain akrobat yang bernama Armen Firman yang selamat setelah meloncat dari salah satu puncak menara dekat masjid Agung sembari mengnakan jubah sutra yang sangat longgar yang dikaitkan ke rangka kayu. Lainnya mengatakan bahwa pemain akrobat itu adalah Ibnu Firnas dan Armen Firman hanyalah bentuk latin dari namanya. Untuk usaha berikutnya beliau membuat sayap besar seperti gantole modern dari sutra dan bulu elang di atas kerangka kayu dan ringan.
Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Surat Makkiyah dan Madaniyah

BAB I
PENDAHULUAN

I.1 Latar Belakang


Banyak ideologi di bumi ini yang terus berkembang demi melanjutkan dan mempertahankan kehidupan di muka bumi. Hal ini tidak terlepas dari kebutuhan empiris dan rasionalis untuk menjawab tantangan zaman yang terus berjalan. Dimensi ideologi yang kita kenal yaitu Komunisme, Liberalisme, Feodalisme, dan lain-lain. Semua ideologi tersebut sudah dijalankan di beberapa negara tetapi hampir semuanya berdampak negative bagi negara-negara yang menumbuhkan ideologi tersebut. Di dalam makalah ini penulis akan memperkenalkan civilizisme dalam islam untuk mencari kemaslahatan untuk umat muslim di dunia khususnya di Indonesia. Civilizisme dalam islam yang dimaksud yaitu hukum syari (premier things) yang bersumber dari al-Quran. Kenapa al-Quran disebut “Premier Things” untuk kaum muslim ? Karena semua solusi dari permasalahan hidup termaktub dalam kitab yang juga dikenal al-Furqan (pembeda) tersebut. Di dalam al-Quran terdapat dua terminology yaitu fase makkiyah…

Metode Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa

BAB I
PENDAHULUAN


I. Latar Belakang

            Metode pembelajaran merupakan suatu cara bagaimana seorang guru menjalankan suatu prosedur dan pelaksanaan pembelajaran. Metode tersebut ada karena sebuah signifikansi dari sebuah pembelajaran agar siswa dan guru dapat berinteraksi dengan baik. Pemilihan metode pembelajaran yang baik adalah metode yang menyesuaikan pada pelajaran yang akan disampaikan guru. Tujuan dari metode pembelajaran yakni cara mengarahkan guru dalam menyampaikan pelajaran secara baik agar dapat diterima oleh murid-murid secara jelas.
            Penulis disini akan menggunakan metode komunikatif dalam proses pembelajaran. Menurut penulis metode tersebut sangat cocok bagi pembelajaran bahasa. Dalam metode ini dituntut komunikasi dua arah bagi guru dan si murid (two-ways) . pada komunikasi itu sendiri mempunyai salah satu tujuan yang penulis anggap penting yakni behavior change (perubahan kebiasaan)[1]. Melalui behavior change, pemerolehan bahasa target akan cepat dite…

Huda Linnas

I. Al-Quran Sebagai Petunjuk
            Al-Quran adalah sumber hukum pertama bagi umat islam dan sebagai kitab petunjuk (hudan) yang dapat menuntun umat manusia ke jalan yang benar. Ia adalah kitab kehidupan. Sebagaimana Allah telah berfirman :
 ذلك الكتاب لاريب * فيه * هدًى للمتّقين
Kitab (Al-Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa. (QS : Al-Baqarah :26)
 نزّل عليك الكتب بالحق مُصَدّقاً لمّا بين يديه و اَنزل التورـــة  و الاِنجيل Dia Menurunkan Kitab (Al-Quran) kepadamu (Muhammad) yang mengandung kebenaran, membenarkan (kitab-kitab sebelumnya) dan menurunkan Taurat dan Injil. (QS : Ali Imran :3) 
Melalui kedua ayat tersebut bisa kita ambil hikmah yang terkandung di dalam  Al-Quran diantaranya al-Quran merupakan sumber hukum yang bersifat valid dan reliable (terpercaya) karena Allah yang langsung memberikan statment untuk umatnya agar tidak menyimpang dari  apa-apa yang sudah ditetapkan. Banyak sesuatu tersingkap dari al-Quran diantaranya solusi masal…