REVOLUSI PENEMUAN BERHARGA UMAT ISLAM oleh Sayyid Muhammad Yusuf Aidid, S.Pd, M.Si (Dosen Agama Islam Universitas Indonesia dan PNJ)

Sebuah penemuan sebenarnya bukan dimulai oleh negara-negara Eropa melainkan dari negara timur tengah yang notabene penganut Islam. Kenapa penulis mengatakan hal demikian? Karena banyak peciptaan berharga mulai dari kimia hingga papan catur baik berasal dari Timur tengah maupun dari kawasan bulan sabit subur. Untuk itu dalam pembahasan kali ini adalah REVOLUSI PENEMUAN BERHARGA UMAT ISLAM.

1. Revolusi Pertanian

Revolusi pertaniaan yang terkenal berasal dari Irak dimana pada abad k-13, para petani di Irak memperkenalkan suatu sistem Ekstensifikasi, Intensifikasi, dan Divertifikasi untuk mengelola lahan pertanian yang mereka miliki agar hasil tanaman baik dan dapat dinikmati konsumen. Selain itu pada abad 14 mulai diperkenalkan sistem irigasi kuno yang terkenal berupa terowongan air atau qanat dari Iran adalah satu kesuksesan Irigasi mereka. Lalu pada abad k-14 juga dikenal juga sistem Mekanisasi untuk mengelola lahan yang diperlihatkan oleh negara Hama dan Syiria.

2. Cendekiawan Multidisiplin Ilmu

Dialah Yakub bin Ishak, beliau sesepuh dunia penerjemahan. Selain beliau adalah seorang pemimpin para penerjemah dimasanya, beliau juga sebagai peneliti bidang metalurgi dan pembuatan pedang. Beliau juga pengagas teori relativitas yang masih coba dipecahkan oleh para ahli fisika modern sekitar seribu tahun setelahnya. "Waktu hanya muncul ketika ada gerakan." ujar al-Kindi, "Benda dengan gerakan, gerakan dengan benda...... Jika ada gerakan maka pasti ada benda; jika ada benda maka pasti ada ada gerakan

3. Pelopor Penerbangan
Ibnu Firnas konon salah satu pelopor penerbangan. Beberapa sumber mengatakan dia terinspirasi saat melihat pemain akrobat yang bernama Armen Firman yang selamat setelah meloncat dari salah satu puncak menara dekat masjid Agung sembari mengnakan jubah sutra yang sangat longgar yang dikaitkan ke rangka kayu. Lainnya mengatakan bahwa pemain akrobat itu adalah Ibnu Firnas dan Armen Firman hanyalah bentuk latin dari namanya. Untuk usaha berikutnya beliau membuat sayap besar seperti gantole modern dari sutra dan bulu elang di atas kerangka kayu dan ringan.



Posting Komentar

0 Komentar