Presiden Soekarno adalah bapak bangsa RI

Bisa kita sebut Presiden Soekarno adalah bapak bangsa RI Pertama yang kita miliki. Segala liku dan badai yang diterjang selalu dihadapi demi Indonesia sekalipun peluru menembus di dadanya. Negeri Jiran Malaysia dulu takut mengkerut bila mendengar nama Bapak bangsa tersebut. Negara kita dari semasa kepemimpinannya sangat disegani oleh bangsa-bangsa dunia. Buktinya beliau tak gentar dan sangat keras bila melantangkan pidatonya bak api yang diterjang minyak bumi:


“Tanah kebanggaan kita ini dulu pernah bernama Nusantara. Nusa berarti pulau. Antara berarti di antara. Nusantara berarti ribuan pulau-pulau, dan banyak di antara pulau-pulau ini yang lebih besar daripada seluruh negeri Belanda. Jumlah penduduk negeri Belanda hanya segelintir jika dibandingkan dengan penduduk kita. Bahasa Belanda hanya dipergunakan oleh enam juta manusia,” Bung Karno berorasi.

Lanjutnya, “Mengapa suatu negeri kecil yang terletak di sebelah sana dari dunia ini menguasi suatu bangsa yang dulu pernah begitu perkas, sehingga dapat mengalahkan Kublai Khan yang kuat itu?” Sukarno terus dan terus berkata-kata, dan mengakhirinya dengan, “Saya berpendapat, bahwa yang pertama-tama harus kita kuasi adalah bahasa kita sendiri. Marilah kita bersatu sekarang untuk mengembangkan bahasa Melayu. Kemudian baru menguasai bahasa asing. Dan sebaiknya kita mengambil bahasa Inggris, oleh karena bahasa itu sekarang menjadi bahasa diplomatik.”

Bisa kita liat pidato beliau diatas yang menunjukan pembelaan kepada negara penuh dedikasi tinggi diantara penjajah yang ingin membunuh dirinya. Beliau juga menginginkan keutuhan bangsa ini dengan  realisasi  tinggi  yaitu menciptakan toleransi dan mewujudkan kedamaian antar pemeluk agama untuk kesatuan negara RI. Yang kita inginkan apakah ada presiden selanjutnya seperti Soekarno yang berani tanpa gentar oleh bangsa lain ?



Posting Komentar

0 Komentar