Statisnya perkembangan TIMNAS Sepakbola Tanah Air

Perkembangan Timnas Sepakbola Indonesia sangatlah statis, tidak ada satupun gelar yang diraih. Hal tersebut diakibatkan dari segi intern yang ada di tubuh PSSI. Fungsi manajerial seakan mati terbeku oleh pemberitaan yang terus tersoroti media. Bila kita menilik sejarah persepakbolaan tanah air, ada segi bangga yang amat sangat karena Timnas Indonesia bisa menahan imbang sang raksasa Eropa yaitu Mancester United dengan skor kacamata alias 0-0 sekitar tahun 70-an. dalam laga ujicoba Harusnya PSSI berbenah diri dan belajar dari keberhasilan Timnas Indonesia dahulu. Kita ketahui bahwasannya fasilitas yang ada di tahun 70-an belum sehebat sekarang. lalu pertanyaannya adalah kenapa timnas tahun 70-an lebih hebat dibanding sekarang.

1. Patriotisme

Sikap patriotisme sungguh menjadi penambah motivasi baik itu dari sisi pemain dan sisi official. Hal tersebut yang membakar semangat agar Timnas Sepakbola Indonesia maju dan dilirik oleh dunia.

2.Tidak matrialistis

Pemain dan official Timnas dahulu tidak mempunyai sikap matrialistis, semuanya mereka bela untuk kepentingan negara. Seakan bila mereka menghadapi pertandingan sama halnya dengan peperangan melawan penjajah.

3.Banyak Ujicoba

Hal ini selalu jarang dan hampir tidak pernah dilakoni Timnas saat ini yakni tanding ujicoba dengan team Luar negeri. Dalam Ujicoba, banyak yang terlihat dan harus dipahami pelatih yakni adanya evaluasi guna memperbaiki kualitas mental dan fisik para pemain Timnas merah putih. Pada era 70-an banyak berdatangan team-team Eropa untuk exibhition/friendly match dengan team merah putih diantaranya Lokomotiv Moscow dan Mancester United.



Posting Komentar

1 Komentar

jagurdermuluk mengatakan…
Ente mang keren dah blognya. Bervariasi bahasannya. kalo mengenai timnas harus dikaui memang statis karena pemainnya itu-itu aja seolah-olah nggak ada sumber daya. Tapi, tentu untuk beberapa tahun mendatang asal dikelola dengan baik manajemennya tentu akan membuahkan hasil yang baik.