Permainan Rubik


Permainan rubik's cube adalah permainan kecepatan tangan untuk menyusun warna sama dalam satu ukuran. Permainan ini cukup popular di masyarakat Indonesia sekarang ini. Mulai dari anak-anak kecil hingga orang dewasa mepunyai rasa penasaran tingkat tinggi untuk menyusun satu warna di dalam rubik. Rasa penasaran tersebut telah menggabungkan kinerja otak kanan dan kiri untuk menjalin kerja sama. Hal emotif dan kreatif yang mewakili otak kanan dan hal hitungan, ketepatan, dan urutan yang mewakili otak kiri menyatu untuk menyelesaikan permainan rubik. Permainan yang penuh tantangan ini bagus diberikan kepada anak-anak kecil yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar demi menyeimbangkan, melaraskan, dan menyeimbangkan otak kiri dan kanan. 

*Fungsi Otak Kanan dan Kiri

Otak kanan berfungsi dalam hal persamaan, khayalan, kreativitas, bentuk atau ruang, emosi, musik dan warna. Daya ingat otak kanan bersifat panjang (long term memory). Bila terjadi kerusakan otak kanan misalnya pada penyakit stroke atau tumor otak, maka fungsi otak yang terganggu adalah kemampuan visual dan emosi misalnya.
Otak kiri berfungsi dalam hal perbedaan, angka, urutan, tulisan, bahasa, hitungan dan logika. Daya ingat otak kiri bersifat jangka pendek (short term memory). Bila terjadi kerusakan pada otak kiri maka akan terjadi gangguan dalam hal fungsi berbicara, berbahasa dan matematika.



Posting Komentar

0 Komentar