Wanita yang Baik



Wanita yang Baik



            Di era moderinisasi sekarang ini banyak bermunculan trend negatif yang cenderung menjadi mode. Mode tersebutlah yang diagungkan para kaum hawa. Misalnya mode pakaian barat yang minim menjadi tuntutan untuk diikuti. Sebenarnya pertanyaan yang timbul di benak kaum laki-laki ketika melihat mereka (kaum hawa) yang memakai pakaian minim ? Ayo-ayo perlihatkan lebih minim lagi. Dari pernyataan tersebut penulis ingin menelaah wanita mana yang bisa kita anggap baik atau wanita yang dianggap mempunyai citra buruk.

            Wanita yang baik adalah wanita yang mempunyai ahlakul mahmudah yang senantiasa menjalankan aturan syariat sehingga orang lain menganggap dirinya baik. yang dimaksud wanita mempunyai ahlakul mahmudah ialah wanita yang selalu taat pada agama dan mengikuti apa-apa yang baik di sunnahkan atau diperintahkan nabi. Nabi pernah berpesan dalam sabdanya :

” Paha itu adalah aurat”

Diriwayatkan oleh Bukhari dalam kitab at Tarikhul Kabir, Abu Daud Turmudzi, hakin dari Jarhad r.a Hakim berkata : Hadis ini shahih

Apa kaitannya wanita yang baik dengan hadis ini ?

Wanita yang baik yang keterkaitannya dengan hadis ini yakni wanita yang senantiasa menutup aurat, salah satunya tidak menampakan paha. Batasan aurat bukan hanya paha saja tetapi juga dari kepala hingga kaki kecuali telapak tangan dan telapak kaki.

Wanita mana yang bisa kita anggap baik ?

1. Wanita yang Qanaah

            Wanita yang qanaah yaitu wanita yang selalu merasa dirinya cukup dalam segala hal. Artinya tidak tampak pada dirinya sesuatu yang berlebihan misalnya Memakai dan mempunyai suatu yang dimilikinya tidak sampai menimbulkan kesenjangan sosial dan hawa nafsu orang lain.

2. Wanita yang bertutur kata baik

            Wanita yang bertutur kata baik yaitu apabila wanita tersebut berbicara maka hanya mauizoh hasanah (mutiara yang baik) selalu keluar dari lisannya.



3. Wanita yang optimis

            Islam mengenal yang namanya takdir, takdir itu sendiri terbagi dua :

  1. takdir Muallaq
  2. takdir Mubram

takdir muallaq yakni takdir yang bisa dirubah seperti dari kondisi kita yang miskin bisa berubah menjadi kaya dan dari kondisi bodoh menjadi pintar. Takdir mubram yakni takdir yang tidak bisa dirubah contohnya kematian, jodoh, celaka atau bahagia.

            Wanita yang baik memanfaatkan takdir muallaq dengan baik agar citra yang ada pada dirinya akan terangkat.

4. Wanita yang berbuat baik

            Wanita yang baik pasti perbuatannya baik pula. Misalnya membantu orang lain yang kesulitan dan bisa menjadi penengah dari masalah yang tibul ditengah kaumnya.  Wanita yang seperti ini akan dijanjikan oleh allah kehidupan yang baik.

”Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh (perbuatan yang baik), baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya Kami berikan padanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami berikan balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (an-Nahl :97)

5. Hati yang baik

            Ingatlah bahwa di dalam jasad ada segumpal daging, apabila ia baik baiklah jasad itu seluruhnya, apabila ia buruk maka buruklah jasad seluruhnya, ketahuilah segumpal daging tersebut itu adalah hati. (hadis)

Dari hadis tersebut bisa dikiaskan bahwa wanita yang baik mempunyai hati yang baik. lalu bagaimana cara mengukur hati tersebut baik ? yakni dengan tidak adanya benci, dengki dan hasud pada orang lain.




Posting Komentar

3 Komentar

Ganis Afifah mengatakan…
Setujuuu banged ka, jarang ditemui wanita yg sempurna spt itu jaman sekarang lho...^^
Cesie Nadia mengatakan…
wow..
keren cup blognya..hehe
TOPLES mengatakan…
tentang masalah takdir tadi :
ada 1 riwayat dari nabi : di dalam kitab lauful ma'fut allah berfirman sesungguhnya Takdir ini bisa berubah karena doa,,,baik tu(lihat kitab Syekh Al-Abani) jodoh,,,umur,,,dll
kcuali surga dan neraka allah sdah mentakdirkan na masing2,,,(lihat kitab bukhari-muslim).