Langsung ke konten utama

KONFLIK BATHIN DALAM CERPEN ARAB JALAN YANG RUMIT KARYA NAJIB KAILANI (Sebuah Telaah Psikologi Sastra)



KONFLIK BATHIN DALAM CERPEN ARAB
JALAN YANG RUMIT KARYA NAJIB KAILANI
(Sebuah Telaah  Psikologi Sastra)




Bab I

Pendahuluan


I.1 Latar Belakang


Saya sangat tertarik dalam menelaah kajian konflik bathin dari sisi psikologi seorang anak manusia yang sangat tertekan karena suatu hal. Seperti yang saya lihat di televisi (TVOne) tanggal 18 Maret 2009 yaitu berita  yang sedang terjadi pada seorang pejabat yang duduk di istana senayan yaitu Rama Pratama yang di tuduh korupsi tanpa bukti. Betapa mirisnya hati pejabat tersebut sehingga bathinnya bisa terusik dari pemberitaan tersebut Artinya terdapat konflik bathin dalam dirinya dengan pemberitaan yang tanpa bukti tersebut.  Bisa kita perhatikan dari berita yang merebak tentang korupsinya pejabat tersebut sehingga ada tekanan bathin dalam jiwa dirinya. Dampaknya yaitu aktifitas pada dirinya terganggu. Sebenarnya inti dari  cerita pendek “Jalan yang Rumit” yaitu sama  dengan berita tersebut yaitu tertuduh tanpa bukti sehingga si tokoh yang merasa tertekan dengan pemberitaan tersebut agak terganggu jiwanya.


Bab II
Metode Penelitian


II. Metode Penelitian

Metode yang digunakan penulis dalam analisis cerpen ini yaitu metode deksriptif sehingga dengan metode ini pembaca bisa melihat mana konflik bathin yang hingga menimbulkan depresi.

II.1 Konflik   

Menurut Rohadi konflik itu ialah suatu pertentangan atau ketegangan yang dialami oleh seseorang, kelompok, atau negara sehingga menimbulkan kegalauan. Adapun menurut Bunda adalah suatu keterpurukan akibat ketegangan antara seseorang dengan seseorang atau kelompok dengan kelompok atau seseorang dengan kelompok. Bisa kita tarik satu benang merah dari pengertian-pengertian diatas tentang arti konflik yaitu setiap manusia atau kelompok manusia pasti pernah mengalami konflik. Selain itu Bunda juga menambahkan untuk meredamkan konflik tersebut melalui dua cara yaitu dengan jalinan komunikasi, dan introspeksi. Penulis juga berpikiran sama dengan  Bunda melalui jalinan komunikasi dan intropeksi suatu konflik akan menuju pada kedamaian pada jiwanya. Jadi konflik itu adalah pertentangan yang disebabkan perseteruan suatu masalah sehingga menimbulkan pergesekan diantara dua kubu.



II.2 Bathin

Menurut Rohadi bathin adalah segala sesuatu yang menyangkut tentang perasaan hati atau jiwa. Selain itu ia juga menambahkan bathin bisa terusik karena kegelisahan. Bila perasaanya dalam keadaan senang bathin pun akan meluapkan kesenangan itu melalui ekspresi wajahnya. Oleh karena itu bila seseorang yang bathinnya sedang terusik bisa kita hibur dengan suatu hal yang menarik dirinya. Sangat terlihat bilamana seseorang yang sehat bathinnya dengan yang sakit bathinnya. Dikatakan sehat bathinnya apabila seseorang itu senantiasa semangat dalam hidupnya sedangkan yang sakit bathinnya akan merasa dirinya lemah diantara orang lain. Rohadi juga menambahkan segala sesuatu tentang bathin itu bersifat abstrak karena itu untuk mengetahui seseorang itu sehat bathinnya atau sakit bathinnya melalui pendekatan interval. Pendekatan interval yaitu pendekatan yang butuh proses waktu lama dengan ramalan si pendekatnya.

II.3 Konflik Bathin  

Konflik bathin menurut Rohadi ialah sesuatu ketegangan yang menyangkut perasaaan hati atau jiwa seseorang hingga dirinya merasa terkekang dengan keadaan. Melalui konflik bathin inilah seseorang akan dikatakan sakit bathinnya.. Bisa kita tarik satu pemikiran bahwasannya konflik bathin itu merupakan pertentangan yang terdapat dalam hati seseorang akibat adanya dua atau lebih gagasan atau keinginan yang akibat dari pertentangan tersebut berpengaruh terhadap perilaku seorang individu. Menurut Ubaydillah Konflik-bathin terjadi karena keadaan batin di mana orang merasa adanya pertentangan, gap atau ketidakharmonisan antara apa yang diinginkan dengan apa yang terjadi; antara harapan dan kenyataan; antara idealita dan realita. Bisa kita tarik satu pemikiran bahwasannya konflik bathin merupakan ketegangan hati seseorang akibat
pertentangan dalam kenyataan sehingga dalam dirinya menimbulkan dendam dan emosional yang tinggi sehingga dapat jatuh ke lubang stress. 
 Wendi Widya, R.D mengatakan bahwa konflik bathin dalam suatu novel atau cerpen ialah konflik bathin  yang dialami seorang tokoh dengan orang lain atau tokoh dengan tokoh lain. Berarti adanya tokoh yang di korbankan bathinnya dalam cerita tersebut. Dampak dari psikologi sastranya yaitu dimana pembaca merasa simpati dengan tokoh yang terkena konflik bathin tersebut

II.4 Bentuk Konflik Bathin
           
            Bentuk konflik bathin biasanya dipicu oleh tekanan yang dialami oleh seseorang karena kondisi lingkungannya yang tidak mendukung keberadaanya. Diantara konflik bathin tersebut adanya suatu tekanan dalam linkungannya terhadap diri sesorang  . Melalui tekanan tesebut seseorang akan mengalami stress. Namun dampaknya yaitu merasa dirinya terkekang, merasa bersalah dan tidak bisa bergerak bebas lagi dalam lingkungannya.

            Bentuk konflik bathin terjadi karena adanya kesalahpahaman mencari kesalahan  seseorang. Kenapa objek penderita seseorang bukan kelompok? Menurut Sigmund Frued konflik bathin biasanya dialami diri pribadi dimana diri pribadi itulah  menjadi sasaran dari kelompok atau orang lain.

II.5. Penyebabnya
         
Konflik bathin yang dialami oleh seseorang itu biasanya terjadi karena ada hal yang rusak di tubuh internal entah itu di dalam ruang lingkup keluarga, organisasi, atau pekerjaan atau dirinya. Adapun terjadinya konflik bathin dimana seseorang dikucilkan
perananannya dari lingkup keberadaanya. Biasanya seseorang yang mengalami konflik bathin ia akan merasa dirinya stress hingga mengidap penyakit depresi. Bisa saja seseorang yang mengalami depresi tersebut karena tekanan fitnah.

II.6 Penyakitnya

            Setelah kita mengetahui penyebab dari konflik bathin, sekarang kita tinjau dari segi penyakit  diderita dari seseorang yang mengalami konflik.



Depresi



Titik awal depresi yaitu adanya konflik bathin lalu dilanjutkan oleh stress yang berlebihan. Sebelum lebih jauh lagi mengenal jenis-jenis penyakit depresi kita wajib mengetahui arti depresi. Depresi yaitu keadaan tertekan dan perasaan semangat menurun hingga kadang menimbulkan emosi berlebihan (Daryanto:1998:152). Mereka yang mengalami depresi biasanya bila menghadapi masalah akan merasa putus asa diikuti rasa bersalah yang berlebihan(Paul Hauk :1995:1). Depresi itu masuk dalam kategori stress tahap ke-3 dari tujuh tahapan(Rafiudin:2007:31)
1. Depresi (stress penyalahan diri sendiri)

            Jenis depresi ini disebabkan anda mengritik diri anda sendiri, bahwa diri anda mahluk yang paling buruk, dengan sebab itulah anda dikatan depresif. Dalam keadaan depresi ini biasanya seseorang yang tidak naik pangkat akibat dikekang perusahaan dan terlalu ambisius memenangkan kejuaraan lalu kalah sehingga menyebabkan depresi. (Paul Hauk :1995:11).

2. Depresi  Kasihan Diri

            Pada jenis depresi kali ini anda merasa kasihan pada diri sendiri artinya dimana  seseorang diperlakukan secara tidak adil dan segera ia melampiaskan kepedihan sampai air mata mengering. Selain itu pasang muka panjang hanya untuk mendapatkan rasa simpatik orang lain, maka anda akan menuju kearah depresi. (Paul Hauk :1995:11).

3.  Depresi Kasihan orang lain

            Jenis depresi kasihan orang lain artinya depresi ini adalah depresi tingkat paling atas. Dimana seseorang dalam depresi ini mersa ingin selalu dikasihani atau diperhatikan orang lain.

II.7 Akibat Depresi

Adapun akibat konflik bathin menurut Dr. Robert Van Amberg itu bisa menimbulkan stress (Rafiudin:2007:31). Pada penelitian lebih lanjut beliau menemukan bahwasannya deprsi  yang disebabkan stress dialami seseorang dengan sebab konflik bathin tersebut  masuk kategori stress tahap ketiga. Menurutnya stress itu dibagi tujuh tahapan, dimana titik stress yang  dialami oleh seseorang dengan sebab konflik bathin tersebut masuk pada tahap ke-tiga. Sesorang yang mengalami stress bagian ke-tiga biasanya akan menunjukan keluhan :
a)      Gangguan lambung dan usus semakin terasa, misalnya keluhan maag dan diare.
b)      Ketegangan otot-otot kian terasa.
c)      Peraasaan ketidaktenangan dan ketegangan emosional semakin meningkat
d)      Gangguan pola tidur
e)      Koordinasi tubuh terganggu.

II.8 Penggalan cerita
           
Setelah kita ketahui penyakit dan penyebab depresi yang diakibatkan oleh konflik bathin , ada baiknya kita menelusuri penggalan dialog di dalam cerita pendek “Jalan yang Rumit” yang di dalamnya mengandung konflik bathin.

a.  Perlawanan

Fuad ingat fitnah tentang tuduhan perselingkuhan dengan istri direkturnya. Waktu itu direktur marah sekali :
Direktur            : “Jangan Bicara tentang ahlak ya anjing”!
Fuad                :  “Anjing itu ya tuan direktur, bisa memaknai kesetiaan”

b. emosional
           
Wajah Fuad berubah merah tanda marah. Inilah untuk kedua kalinya kesalahan Fuad yaitu menentang atasan hingga dia dianggap tidak sopan. Fuad terus menyampaikan apa yang dirasakannya.
Fuad : “Kau katakan padaku bahwa ada yang membocorkan rahasia perusahaan alias penghianat. Siapa menurutmu? Sementara aku sendiri tidak tahu”.
Direktur : “Kau menuduh”? Jawab direktur sambil menatap wajah Fuad yang berubah jadi pucat.

c. Tabah dan tegar

            Di tengah-tengah kegalauan inilah Fuad menjalani hidupnya dengan teguh dan sabar. Tidak ada yang dipikirkannya selain pekerjaan. Semua hiruk pikuk, buruk dan fitnah busuk tentang dirinya, sedikitpun tidak dihiraukannya. Menurutnya, fitnah itu hanya akan menenggelamkan manusia ke dalam Lumpur kesengsaraan. Wajahnya selalu memancarkan senyum yang ramah, dia bekerja dengan ikhlas dan selalu memaafkan. Namun sebagian temannya tidak suka dengan cara pikirnya bahkan ada yang mengatakan terus terang kepadanya :
Teman Fuad : “Fuad, kalau kau tidak mau jadi seekor serigala maka kau akan dimakan oleh sekian banyak serigala”.
Fuad   :  “Jika kau mau menjadi seorang laki-laki yang kuat dan mukmin, maka sekian banyak serigala, singa akan lari darimu, buktikanlah”!
Teman  Fuad : “ Ya insinyur Fuad. Kalau begitu aku mengambil keputusan untuk tidak berteman dengan mu lagi”. Jawaban temannya itu bagai petir yang menimpanya.

d. Teman-teman Fuad mengajak bermaksiat

Teman-temanya berkata, “Fuad! Kau harus merubah pola pikiranmu sesuai dengan tuntutan zaman. Jadilah kau manusia ya Fuad. Makanlah, minumlah, berciumanlah dengan wanita, berkhinatlah dan berbohonglah.

            Pada penggalan dialog diatas tokoh Fuad mengalami depresi tahap awal yaitu depresi penyalahan diri sendiri. Namun Fuad bisa menetralisir depresinya dengan sabar dan teguh pendirian.

II.9. Solusi bagi Penderita Depresi

Setelah penulis mendeksripsikan tentang konflik bathin panjang lebar mulai dari fakta yang terjadi, penyakit yang diderita, akibat yang terjadi, hingga cerita yang berkaitan dengan penyakit tersebut. Kini penulis ingin memberikan solusi bagi seseorang yang mengidap penyakit depresi. Solusi untuk penyakit depresi ini penulis sajikan agar seseorang yang terkena depresi bisa pulih pada keadaan sebelumnya:
  1. Sadarlah akan lingkungan.
  2. Buat lingkungan Anda bekerja untuk Anda, bukan melawan anda. Jangan biarkan kekuatan penindas--- orang yang negatif, yang mengatakan anda tidak dapat melakukannya--- membuat anda berfikir kalah.
  3. Jangan biarkan orang yang berfikiran kecil menahan Anda. Orang yang dengki ingin melihat Anda tersandung, jangan beri mereka kepuassan tersebut.
  4. Dapatkan nasihat Anda dari orang yang berhasil.
  5. Dapatkanlah banyak sinar matahari psikologis artinya berkunjunglah ke-kelompok-kelompok baru temukan hal-hal baru yang merangsang untuk dikerjakan.
  6. Singkirkan racun pikiran keluar dari lingkungan anda. Hindari gossip. Berbicaralah tentang orang lain, tetapi mengenai sisi positifnya.
  7. Gunakan segalanya yang kelas satu.(David: 2007: 227)

Bab III
Penutup


III.1. Kesimpulan

            Konflik bathin bermula pada tekanan lingkungan yang tidak sesuai pada fakta sehingga seseorang yang mengalami akan merasa stress. Selain itu dari stress akan menimbulkan penyakit depresi bila seseorang tersebut tidak bisa menetralisir keadaan. Bisa kita lihat dalam solusi bagi pengidap penyakit depresi yaitu gunakan segalanya yang kelas satu artinya potensikan diri anda agar berusaha bertahan hidup dengan bersabar dan bertawakal dari tekanan yang ada. Selain itu lewati rintangan tersebut dengan teguh pendirian yang positif sehingga semuanya akan berjalan mudah. Posisikan diri anda teramat penting dalam setiap pekerjaan.








2 komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Surat Makkiyah dan Madaniyah

BAB I
PENDAHULUAN

I.1 Latar Belakang


Banyak ideologi di bumi ini yang terus berkembang demi melanjutkan dan mempertahankan kehidupan di muka bumi. Hal ini tidak terlepas dari kebutuhan empiris dan rasionalis untuk menjawab tantangan zaman yang terus berjalan. Dimensi ideologi yang kita kenal yaitu Komunisme, Liberalisme, Feodalisme, dan lain-lain. Semua ideologi tersebut sudah dijalankan di beberapa negara tetapi hampir semuanya berdampak negative bagi negara-negara yang menumbuhkan ideologi tersebut. Di dalam makalah ini penulis akan memperkenalkan civilizisme dalam islam untuk mencari kemaslahatan untuk umat muslim di dunia khususnya di Indonesia. Civilizisme dalam islam yang dimaksud yaitu hukum syari (premier things) yang bersumber dari al-Quran. Kenapa al-Quran disebut “Premier Things” untuk kaum muslim ? Karena semua solusi dari permasalahan hidup termaktub dalam kitab yang juga dikenal al-Furqan (pembeda) tersebut. Di dalam al-Quran terdapat dua terminology yaitu fase makkiyah…

Metode Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa

BAB I
PENDAHULUAN


I. Latar Belakang

            Metode pembelajaran merupakan suatu cara bagaimana seorang guru menjalankan suatu prosedur dan pelaksanaan pembelajaran. Metode tersebut ada karena sebuah signifikansi dari sebuah pembelajaran agar siswa dan guru dapat berinteraksi dengan baik. Pemilihan metode pembelajaran yang baik adalah metode yang menyesuaikan pada pelajaran yang akan disampaikan guru. Tujuan dari metode pembelajaran yakni cara mengarahkan guru dalam menyampaikan pelajaran secara baik agar dapat diterima oleh murid-murid secara jelas.
            Penulis disini akan menggunakan metode komunikatif dalam proses pembelajaran. Menurut penulis metode tersebut sangat cocok bagi pembelajaran bahasa. Dalam metode ini dituntut komunikasi dua arah bagi guru dan si murid (two-ways) . pada komunikasi itu sendiri mempunyai salah satu tujuan yang penulis anggap penting yakni behavior change (perubahan kebiasaan)[1]. Melalui behavior change, pemerolehan bahasa target akan cepat dite…

Seni Menurut Agama

Bab I
Pendahuluan


I.1. Latar Belakang

Sering kali beberapa tokoh beragama menganggap negatif terhadap seni. Sebenarnya seni menurut Islam dimubahkan selama seni tersebut membawa manfaat bagi manusia, memperindah hidup dan hiasannya yang dibenarkan agama, mengabadikan nilai-nilai luhur dan menyucikannya, serta mengembangkan serta memperhalus rasa keindahan dalam jiwa manusia (Quraish Syihab:1996:349). Oleh karena itu manusia harus menciptakan seni dengan tidak melanggar syariat atau ketentuan Allah. Ciptakanlah seni yang membuat orang merasa tertarik dan bisa mengapresiasikannya dengan baik. Melalui makalah ini penulis mencoba menghubungkan antara seni dan agama. Insya Allah dalam makalah ini akan terjawab apakah seni perlu difilterkan oleh agama? Atau  agama ada berdasarkan seni? Apakah seni tanpa agama akan menyimpang.
            Tanpa kita sadari bumi yang kita singgahi merupakan sebuah implementasi seni dari sang Pencipta agar kita merenungi betapa agungnya ciptaan Allah. Tidak ada se…